Cara Backup iPhone dengan iCloud dan iTunes

Posted on
5/5 (2)

Cara Backup iPhone

Cara Backup iPhone dengan iCloud dan iTunes – Backup data merupakan hal yang penting ketika Anda memiliki sebuah perangkat yang didalamnya terdapat file file penting. Pengguna iPhone bisa mencadangkan data mereka dengan menggunakan iCloud ataupun dengan iTunes, pada kali ini saya akan memberikan cara backup data iPhone dengan menggunakan kedua metode.

Bagi pengguna smartphone khususnya iPhone akan sangat rawan apabila Anda tidak mencadangkan data data penting tersebut. Karena perangkat mobile hal apapun bisa terjadi, baik rusak, hilang atau yang lainnya. Oleh sebab itu, mencadangkan data sangat penting.

Fungsi Mencadangkan iPhone

Kenapa perlu untuk mencadangkan data di perangkat iPhone ? Seperti yang sudah saya jelaskan pada paragraf kedua hal ini berfungsi untuk mengamankan data jika sewaktu waktu perangkat Anda rusak, hilang atau menggantinya yang baru sehingga data bisa tetap aman.

Baca juga Cara Reset iPhone Menggunakan iTunes dan Tanpa iTunes Terbaru

Sebenarnya backup data ini sama halnya Anda mengkopi file ke tempat penyimpanan lain seperti flashdisk, DVD atau perangkat penyimpanan yang lain. Tetapi pada pencadangan data di iPhone merupakan proses penyalinan data ke penyimpanan online. Karena online untuk memulihkan data ke perangkat baru pun menjadi mudah dimana saja dan kapan saja.

Cara Mencadangkan iPhone dengan iCloud

Berikut ini adalah langkah langkah dalam mencadangkan data data iPhone dengan menggunakan iCloud.

  1. Sambungkan perangkat Anda ke jaringan WiFi.
  2. Kemudian buka pengaturan -> [nama anda], lalu pilih iCloud. Jika Anda masih menggunakan IOS 10.2 atau dengan versi lebih lawas, buka Pengaturan kemudian scroll down (gulir ke bawah) dan klik iCloud.
  3. Langkah ketiga adalah menekan tombol on pada Cadangan iCloud. Jika Anda menggunakan IOS versi 10.2 atau lebih lawas silakan tekan Cadangan. Pada ini langkah ini pastikan bahwa Cadangan iCloud telah aktif ya.
  4. Langkah selanjutnya adalah menekan Cadangkan Sekarang, maka proses pencadangan data ke iCloud akan berjalan. Pastikan bahwa perangkat iPhone Anda tetap terhubung ke jaringan WiFi, karena proses pencadangan membutuhkan akses internet.
  5. Proses pencadangan telah selesai dan kini Anda bisa melihat hasil pencadangan dengan cara berikut.

Cara Backup iPhone dengan iTunes

Proses backup ini mencadangkan ke dalam komputer, jadi kamu membutuhkan perangkat komputer untuk mencadangkannya.

  1. Buka aplikasi iTunes dan langsung sambungkan iPhone ke komputer
  2. Apabila dimintai kode sandi perangkat atau konfirmasi percayai komputer ini, ikuti langkah langkahnya yang tertera di layar.
  3. Jika Anda ingin mencadangkan data kesehatan atau aktivitas dari perangkat IOS ataupun Apple Watch, silakan untuk mengenkripsinya dengan mencentang kotak enkripsi cadangan dan buat kata sandi yang mudah di ingat. Jika tidak perlu mencadangakan data kesehatan dan aktivitas Anda bisa membuat cadangan tanpa enkripsi. Setelah itu klik cadangkan sekarang dan proses backup akan berjalan.
  4. Setelah proses mencadangkan berhasil Anda bisa melihat informasi tanggal dan waktu pada Cadangan Terbaru sisi bawah kanan layar.

Cara Melihat Hasil Backup iPhone di Komputer (Windows)

Setelah proses backup dengan iTunes biasanya Anda penasaran dimanakah letak file tersebut disimpan. Nah, untuk melihatnya silakan melakukan cara ini khusus pengguna windows ya.

  1. Setelah masuk ke Windows silakan memilih tombol start (windows 7), atau tombol cari (windows 8) dan tombol icon windows 10 (windows 10)
  2. Ketik sebagai berikut %appdata% kemudian tekan enter.
  3. Kini Anda berada di \Users\[nama pengguna]\AppData\Roaming\
  4. Setelah itu masuk ke Apple Computer > MobileSync > Backup
  5. Di situlah letak file backup iPhone Anda.

Penutup

Demikian mengenai Cara Backup iPhone, iPad dengan iCloud dan cara backup melalui iTunes. Diatas juga dijelaskan fungsi backup iPhone demi keselamatan data-data penting dan bagaimana cara melihat hasil backup iPhone di komputer/laptop. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda mengenai cara backup iPhone dan jangan lupa komentar di bawah yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *