3 Cara Flash Smartphone Android Yang Karena Bootloop

Posted on
5/5 (2)

cara flash android

Asah Ilmu, cara flash android – Ada banyak sekali alasan semua orang untuk melakukan flashing, salah satunya adalah ingin memperbaiki handphone dari masalah yang namanya bootloop, perlu diketahui juga bahwa smartphone juga termasuk dalam lingkungan komputer, yakni terdapat hardware dan juga software, oleh sebab itu terkadang juga sering mengalami masalah, jadi anda perlu tahu informasi mengenai cara flash android dengan mudah dan cepat, pada dasarnya cara flash android sudah terbagi menjadi 3 macam, sehingga anda bisa memilih salah satunya sebagai alternatif flashing android.

Pada dasarnya kita sering mengenal dengan istilah windows ataupun linux, hal itu sudah berkaitan erat dengan dunia komputer, sedangkan pada smartphone pasti pernah mendengar yang namanya Firmware dan Stockrom, jadi android sangat rentan sekali terhadap kerusakan, sehingga fitur yang ada berbeda dengan komputer, salah satunya masalah tersebut yang perlu di atasi adalah cara flash android karena bootloop ataupun karena masalah lainnya. Nah dengan hadirnya kelebihan firmware ini dapat membantu sistem operasi android, jadi bisa dikatakan hardware-hardwarr yang ada pada android bisa saling berhubungan dengan satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Cara Ngeflash HP Semua Merk

Untuk tutorial flashing android bisa dilakukan terhadap semua merk terutama sangat direkomendasikan sekali bagi pengguna smasung yang lebih rentan mengalami berbagai macam masalah, anda bisa melakukan tips flash hp android dengan menggunakan pc ataupun bawaan smartphone-nya sendiri, asalkan sebelumnya hp tersebut tidak dalam keadaan rusak parah seperti lcd yang rusak parah. Nah bila anda penasaran tentang langkah flash android, tentunya jawaban yang paling tepatnya yaitu ada di penjelasan artikel bawah ini, silakan anda simak baik-baik.

Cara Flash Android Dengan Flashtool

1. Langkah pertama yang bisa anda coba adalah dengan mendownload aplikasi yang bernama flashtool, kemudian install juga file berupa android USB Driver, namun jika os smartphone yang digunakan berbeda-beda pastinya driver ya digunakan juga berbeda dengan apa yang disarankan.

2. Selanjutnya adalah anda harus mematikan smartphone dengan memilih mode mati daya, setelah itu silakan cabut baterai yang ada pada handphone anda.

3. Berikutnya adalah anda perlu mendownload stock firmware atau bisa juga yang bernama custom firmware, file tersebut nantinya adalah berkas yang digunakan untum membantu proses flashing, apabila sudah 100% berhasil di install file firmware, silakan berikutnya anda harus mengekstract menggunakan bantuan aplikasi android RAR.

4. Setelah di ekstrak maka akan terlihat beberapa file yang telah di pecah, nantinya file tersebut bisa digunakan untuk cara flashing smartphone android dengan aman dan cepat. Silakan buka file yang sebelumnya sudah di ekstrak bernama flash_tool.exe, secara otomatis akan muncul pada folder name anda.

5. Jika aplikasi flashtool tersebut sudah anda buka sebelumnya, nantu akan muncul pop up baru yang menyarankan anda untuk mendownload file lagi, silakan langsung saja klik tab download.

6. Ketika memasuki proses downloading, silakan anda klik fitur yang bernama scater loading, hal ini bertujuan sebagai langkah untuk memasukan file scater yang sebelumnya sudah ada pada firmware.

7. Jadi anda pilih saja file yang bernama scater, pada dasarnya file tersebut sudah anda install pada proses tab download ataupun bekas ekstrak file firmware. Apabila pooses diatas sudah anda lakukan dengan benar dan baik, kemudian jalankan saja beberapa saat proses flashing, caranya sangat mudah yakni dengan mengklik mode download.

8. Untuk langkah berikutnya adalah anda perlu menghubungkan ponsel ke komputer dengan bantuan alat kabel USB, sebab bantuan file firmware dan flashtool dapat memudahkam aktivitas flashing yang berjalan pada latar belakang android.

9. Apabila sudah di colokan dengan benar di kabel usb, setelah itu tunggu saja beberapa saat agar komputer bisa membaca jenis OS android anda, namun supaya lebih cepatnya lagi anda bisa menggunakan teknik menekan tombol volume up dan down.

10. Proses terakhir kali ini adalah anda hanya cukup menunggu proses flashing yang dilakukan lewat pc, namun untuk lebih jitunya lagi dalam mengetahui apakah smartphone sudah di flash atau belum, maka nantinya akan muncul kode lingkaran hijau pada pop up pc tersebut. Agar tidak terjadi error silakan anda restart ulang smartphone android dan tutup juga aplikasi flashtool beserta dengan firmware.

Cara Flash Android Tanpa PC

1. Menggunakan Fitur Recovery

Hal pertama dalam melakukan cara flashing smartphone tanpa pc adalah dengan menggunakan metode recovery mode, pada dasarnya fitur yang ada ini susah disuguhkan pada semua jenis OS android, jadi hal yang perlu dilakukan adalah memasuki ke menu recovery sehingga proses flashing bisa berjalan dengan baik dan cepat.

Perlu diketahui juga bahwa sebelum memasuki tahap recovery pastinya anda akan ditawarkan untun melakukan backup data terlebih dahulu, hal ini bertujuan untuk mengatasi hilangnya data penting pada penyimpanan memori eksternal android, salah satunya seperti foto, video, aplikasi dan lain-lainnya, karena jika sudah berhasil flashing tentunya semua data penting tersebut akan ikut terhapus. Untuk cara backup anda bisa mencobanya melalui perpindahan folder penting ke pc ataupun flashdisk tertentu, namun agar lebih mudah atau simple lagi anda bisa melakukan pindah data ke kartu memori, pastinya bila sudah di flash data tersebut tidak akan ikut terhapus.

Pada dasarnya memasuki proses recovery mode tidak bisa dilakukan melalui touchscreen smartphone, akan tetapi ada tips tertentu yang bisa anda coba, karena untuk cara flash android tanpa pc karena bootloop ini sudah tergolong upaya yang sangat mudah sekali, bahkan dalam 10 menit saja anda sudah bisa menghilangkan apapun masalah yang ada pada sistem operasi android. Untuk cara memasuki recovery mode adalah menekan tombol volume up+ volume down + tombol home secara bersamaan atau dikombinasikan, tips seperti ini sangat mudah sekali dilakukan bagi pengguna user smartphone brand samsung, pastikan terlebih dahulu sebelum menekan tombol tersebut, handphone anda sudah dalam keadaan daya mati.

Cara flash android tanpa menggunakan pc tersebut sangat cocok dicoba bagi pengguna yang sangat awam di bidang teknologi, namun apabila smartohone anda sudah dalam keadaan mati total atau expert bootloop, tentunya tidak disarankan menggunakan cara ini, sebab anda harus memakai cara flash android lewat samsung. Dibawah ini masih ada alternatif lain yang lebih efektif bagi pengguna setia android, termasuk salah satunya adalah sangat direkomendasikan untuk cara flash android samsung.

Cara Flash Android Lewat PC Dengan Box Flasher

Tahukah anda bahwa dari semua cara yang dilakukan diatas, namun tetap saja tidak berhasil, maka ada alternatif cara lain yang dapat anda gunakan sebagai cara flash android melalui pc, bahkan cara ini juga sering dimanfaatkan oleh ahli jasa service untuk memperbaiki hp android yang terkena bootloop sangat parah. Nah apabila anda berminat untuk mencoba cara terakhir ini, tentunya anda harus membeli alat box flasher pada toko service handphone, karena box flasher secara otomatis akan terhubung ke PC hanya menggunakan kabel data usb.

Untuk tawaran harga yang disajikan pada Box Flasher ini sudah tergolong murah sekali, anda bisa mendapatkannya di jasa service yang menjual alat box flasher, tentunya dengan adanya alat ini bisa lebih efektif lagi dalam cara flashing android lewat pc, bahkan sudah tersedia berbagai macam hp termasuk fitur UFS dan HWK Tornado.

Penutup

Demikian penjelasan artikel tentang cara flash android, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat, bila dirasa sangat membantu silakan anda bagikan juga ke media sosial lainnya. Terima kasih.

Baca juga Cara Flashing Coolpad Roar Plus E570 via SP Flashtool 100% Work

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *