Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 Sebelum Upgrade

Posted on

Kelebihan dan Kekurangan Windows 10

Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 – Microsoft telah merilis Windows 10 tapi windows 10 ini masih perview. Windows 10 adalah sistem operator versi windows 10 yang dirancang lengkap untuk komputer kapasitas rendah, serta PC/Laptop yang berorentasi pada pendidikan dan juga beberapa komputer premium.

Pertama kali diperkenalkan kepada publik pada tanggal 30 september 2014 dan langsung mendapat sambutan yang hangat para pengguna internet di dunia. Hingga hal itu membuat pihak microsoft yakin dan semakin gencar menyempurnakan sistem terbarunya tersebut, hingga akhirnya windows 10 secara resmi dirilis pada tanggal 29 juli 2015 dan dapat diunduh secara gratis bagi para pengguna sistem operasi sebelumnya yaitu windows 8 dan 7.

Baca juga Cara Masuk Safe Mode Windows 7 Terbaru

Selain itu dengan kemampuan yang demikian canggih Windows 10 dilengkapi dengan fasilitas virtual dekstop. Pengguna bisa memakai layar dengan tema yang berbeda dalam satu tampilan layar. Pengguna juga bisa berpindah dari satu dekstop ke dekstop yang lain dengan cepat. Tentunya ini menjadi sajian yang demikian berkesan dari sistem baru tersebut. Tetapi, windows 10 ini juga memiiki kelebihan dan kekurangan yang Anda harus tahu. Kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangannya? Untuk lebih detailnya simak penjelasan dibawah ini:

Kelebihan Windows 10

Sebagai sistem operasi terbaru saat ini, ada beberapa keunggulan Windows 10 yang tidak dimiliki oleh versi Windows sebelumnya. Adapun kelebihan atau keunggulan dari windows 10, yakni :

1. Teknologi Pertinjauan Pada Star Menu

Jika di Windows 8 tidak memiliki start menu maka pada Windows 10 Technical Preview sudah terdapat start menu sehingga lebih mempermudah pengguna windows 10 untuk mengoperasikannya, selain itu star menunya juga disesuaikan dengan tampilan windows 10 yang cukup menarik.

2. Aplikasi Command (Perintah)

Aplikasi ini akan di tampilkan sama dengan aplikasi umumnya yang terdapat pada dekstop, selain itu tamplan dari aplikasi ini cukup dinamis dan juga dapat diperkecil serta berpindah-pindah.

3. Tampilan desain UI lebih keren dan kekinian

Bagi Anda yang menyadarinya, saat ini tampilan UI dari suatu OS di buat sesederhana mungkin dan juga terkesan warna-warni. Sebagai contoh, sebut saja OS Mobile Android. Semakin baru versi androidnya, maka akan semakin sederhana dan minimalis juga tampilannya. Selain itu juga desain warna-warni juga sedang ngetrend dan sering di temui di berbagai platform. Windows 10 pun rupanya tidak ingin kalah, dengan ikut serta memamerkan desain flat kotak-kotaknya sebagai ciri khas, bahwa itu merupakan karakter dari produk Microsoft.

4. Dapat Melihat Beberapa Aplikasi dalam Satu Layar (Snap Enchancement)

Anda bisa melihat aplikasi yang dijalankan secara bersamaan dalam satu layar secara ringkas sehingga mempermudah Anda untuk memantau beberapa aplikasi yang sedang berjalan tersebut.

5. Dilengkapi dengan DirectX 12

Mungkin beberapa orang ingin mencoba Windows 10 di karenakan adanya fitur berupa DirectX 12. Fitur ini di kabarkan akan memaksimalkan pemanfaatan sumber daya hardware yang jauh lebih baik di banding DirectX 11. Hasilnya, kemampuan dalam gaming akan lebih powerfull. (jika hardware mu juga mendukung DirectX 12 juga) Gamer mana yang tidak di buat tertarik dengan hal ini.(DirectX 12)

6. Keamanan lebih tinggi (Windows Defender)

Bukan hanya baru dalam hal fitur dan tampilan yang kekinian. Windows 10 juga meberikan keamanan yang tentu lebih baik di banding Windows 7 dan 8 yang terdahulu. Bagi Anda yang sudah upgrade ke Windows 10, spertina cukup menggunakan antivirus bawaan (Defender) saja sudah cukup untuk menjaga keamanan komputer dari serangan malware.

7. Tersedia Microsoft Store yang lebih lengkap

Pada Windows 8 sebenarnya juga sudah di lengkapi dengan toko aplikasi, namanya adalah Windows Store. Namun, pada Windows 10 namanya kini telah berubah menjadi Microsoft Store yang tentunya lebih lengkap (kaya aplikasi) dan juga tampilan lebih user frendly dalam memudahkan penggunaan user.

Kekurangan Windows 10

Selain memiliki berbagai kelebihan, ada juga kelemahan Windows 10 yang menurut Asah Ilmu cukup penting untuk kamu pertimbangkan sebelum melakukan upgrade. Adapun kekurangan windows 10 ini, yakni:

1. Performa dan fitur belum sempurna

Windows 10 memiliki performa dan juga fitur yang belum optimal sehingga tampilannya masih seperti Windows 8. Pada Windows 10 juga belum terdapat asisten virtual.

2. Windows 10 masih belum selesai

Kehadiran Windows 10 ternyata hasil belum selesai karena masalah feed back masih belum selesai dan kekurangan inilah yang masih harus diperbaiki.

3. Penggunaan baterai terasa lebih boros

Di saat baru saja selesai proses menginstall Windows 10 kemudian masuk ke tampilan desktop, Anda pastinya melihat tampilan seperti di atas, yang memberitahukan bahwa, ika PC/Laptop yang Anda gunakan saat ini belum menemukan driver yang cocok/compatible, maka kemungkinan peforma baterai tidak akan berjalan dengan semestinya/Optimized” Dengan melihat pemberitahuan tersebut, pastinya akan menjadi mimpi buruk bagi pengguna PC/Laptop yang memiliki spek yang pas-pasan. (Driver tidak berjalan dengan Optimal, Efisien, dan lain sebagainya)

4. Memakan banyak kuota internet!

Sudah tak terbantahkan lagi, bahwa penggunaan kuota internet pada Windows 10 memang lebih banyak jika di bandingkan dengan OS Windows yang sebelumnya. (Terutama yang menggunakan Modem). Berbagai aplikasi & fitur bawaan Windows 10 mengharuskan kamu untuk menggunakan koneksi internet yang berlebih. Terutama pada aplikasi Email, Cuaca, Bursa, Peta, Xbox, dan fitur “tersembunyi” lain yang mungkin saja kamu tidak mengetahuinya.

5. Aplikasi EXE tidak diperbolehkan

Seperti Chromebook yang mengharuskan segala aplikasi bersumber dari Play Store, begitupula dengan Windows 10 S. Kita tidak bisa menginstall program-program di luar Microsoft Store. Artinya, fleksibilitas OS Windows tidak bisa kita andalkan di OS ini. Meskipun untuk pendidikan, Anda tak bisa lagi menginstall aplikasi pendidikan berat seperti MatLab, atau aplikasi pihak ketiga, misalnya dari developer lokal yang belum masuk toko Microsoft.

6. Size data yang besar

Bagi pengguna yang sebelumnya menggunakan sistem operasi generasi terdahulu maka dapat mendownload sistem operasi terbaru ini secara gratis, namun tetap saja pengguna harus mendapatkan dukungan sinyal koneksi data internet yang kuat pasalnya besaran data yang harus dikeluarkan untuk mengunggah OS ini mencapai 3 gb dan tanpa bisa dipause sehingga jika ada kegagalan jaringan pengguna harus bersabar untuk mengulang download dari awal.

Itulah penjelasan kelebihan dan kekurangan dari windows 10. Semoga bermanfaat bagi yang sedang bingung ingin mengupgrade atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *